Polsek Cisarua Ungkap Kasus Penyebaran Berita Bohong melalui ITE

Kab. Bogor, Awdialiansinews.co- Polsek Cisarua Polres Bogor berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana penyebaran pemberitaan bohong melalui Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat. Kasus ini terkait dengan konten “Aksi Pemalakan di Puncak pada saat Kemacetan” yang viral di media sosial TikTok.(12/7/2024)

Kapolsek Cisarua Kompol Eddy Santoso,.S. Pd.MH menjelaskan bahwa Kejadian ini bermula pada hari Minggu, 30 Juni 2024 sekitar pukul 15.00 WIB, di Jalan Raya Puncak Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Berdasarkan laporan informasi yang diterima Polsek Cisarua pada tanggal 2 Juli 2024, tim Reskrim yang dipimpin oleh IPDA Buana segera melakukan penyelidikan.

Setelah melakukan analisa dan profiling, tim berhasil mengidentifikasi dan mengamankan dua terduga pelaku. R.A.P. (24), seorang karyawan swasta dari Kota Tangerang, yang berperan sebagai perekam dan penyebar video pertama kali di akun TikTok @bangipal_ _, serta A.F. (30), seorang wartawan yang berperan sebagai pemeran dalam video tersebut.

Barang bukti berupa satu unit handphone merk Samsung S24 Ultra turut diamankan. Kedua terduga pelaku mengakui bahwa tindakan tersebut dilakukan hanya karena iseng akibat kejenuhan terjebak kemacetan di jalur Puncak. Mereka juga menyatakan siap untuk menghapus video tersebut dan membuat klarifikasi untuk mengurangi dampak negatif yang telah ditimbulkan.

Pihak Kepolisian Polsek Cisarua setelah melakukan Penyelidikan menyatakan bahwa tindakan selanjutnya adalah berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres Bogor untuk penanganan lebih lanjut terhadap kasus ini. Eddy menegaskan bahwa penyebaran berita bohong yang meresahkan masyarakat tidak dapat ditoleransi dan akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Kasus ini diproses berdasarkan Pasal 45A ayat (3) Jo. Pasal 28 ayat (3) UU nomor 01 tahun 2024 tentang Perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Polsek Cisarua juga telah melakukan tindakan kepolisian berupa penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus ini.

Report : Mr. Jai
Editor : Basirun

Related posts
Tutup
Tutup