Bea Cukai Bandara Soetta Gagalkan Selundupan Narkoba Jaringan Internasional

Jakarta, Awdialiansi.com – Bea-Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menggagalkan penyelundupan narkoba jaringan internasional. Salah satunya ada paket ‘kado’ berisi methamphetamine yang dikirim dari Afrika Selatan.

Kepala Bea-Cukai Soetta Gatot Sugeng Wibowo menyampaikan pihaknya mengamankan tiga orang tersangka berinisial MNH (39) warga negara Indonesia, KW (26) warga negara Thailand berinisial, dan HAD (26) warga negara Malaysia dalam pengungkapan kasus ini.

“Dari penindakan tersebut, berhasil diamankan tiga orang tersangka beserta barang bukti berupa 287,29 gram Methamphetamine, 133,44 gram Kokain, 1.623 Butir Ekstasi, dan 3,82 gram Kristal MDMA,” ungkap Gatot, dikutip Antara, Kamis (22/8/2024).

Secara terperinci, Gatot menjelaskan, awalnya pihaknya mengamankan paket dari Johannesburg, Afrika Selatan, yang dicurigai. Paket tersebut tiba di Kargo Internasional I Bandara Soekarno-Hatta pada 23 Juli 2024 yang ditujukan untuk seseorang berinisial MJ di Kabupaten Bekasi.

“Petugas mencurigai sebuah paket kiriman dengan pengirim berinisial YK dari Afrika Selatan. Saat dilakukan pemeriksaan, paket yang berisikan kotak yang dikemas seperti bingkisan kado tersebut ditemukan kristal bening dengan berat netto 103,39 gram. Temuan tersebut kemudian dilanjutkan dengan uji Laboratorium dengan hasil positif Narkotika Golongan I jenis methamphetamine,” kata Gatot.

Hasil pengembangan, petugas mengamankan MNH yang berperan sebagai penerima paket yang diperintah oleh MJ yang namanya tertera dalam paket narkotika tersebut.

“MNH mengaku akan bertemu kembali dengan MJ di sebuah tempat setelah menerima paket, namun MJ tidak dapat dihubungi dan saat ini statusnya dalam pencarian. Tersangka dan barang bukti selanjutnya diamankan di Polresta Bandara Soekarno-Hatta guna pengembangan lebih lanjut,” ucapnya.

WN Thailand Bawa Suplemen Narkoba Kasus kedua, Bea-Cukai Soetta mengamankan seorang warga negara Thailand berinisial KW (26) pada 1 Agustus 2024. KW didapati membawa ‘kado’ yang berisi suplemen yang mengandung narkoba hingga rokok elektrik dalam kopernya. (Kutip Detik. Com)

Zefferi

Related posts
Tutup
Tutup